Sabtu, 03 Januari 2015

Hasil Kunjungan Perusahaan Akuntan Publik Darmawan dan Hendang

Pada saat liburan tahun baru 2015 saya berserta kelompok saya mengadakan studi kunjungan perusahaan untuk menyelesaikan tugas akhir perilaku organisasi. Kami berkunjung ke Kantor Akuntan Publik Darmawan dan Hendang yang beralamat di Jl. H. R. Rasuna Said, Kav 2-3 Blok X-5, Kuningan, Jakarta Selatan. tepatnya di PT. Menara Kadin Indonesia Lt. 27. Selama kunjungan kami dibantu oleh tim yang terdiri dari:
  • Partner                              : Jim S. Darmawan
  • Manager in charge            : Iwan Heriawan
  • Senior auditor in charge   : Diaz Nurachmat
  • Senior Auditor                  : Purwaningsih
  • Junior Auditor                  : Muhammad fauzi
Disana kami mewawancarai Manager dari KAP dan mengajukan beberapa pertanyaan diantaranya sebagai berikut...

  1. Apa Visi dan Misi dari perusahaan bapak?
Visi
           
Visi perusahaan kami adalah Menjadikan Kantor Akuntan Publik terpercaya dan lebih baik di Indonesia

Misi

Memberikan jasa audit dan jasa-jasa lain di bidang manajemen dan akuntansi dengan tujuan untuk meningkatkan pengelolaan dan kinerja perushaan yang lebih akuntabel, transparan, jujur, dan bertanggung jawab berlandaskan pada nilai” profesionalisme, saling menghormarti dan setia pada komitmen.

     2.  Bagaimana cara perusahaan bapak melakukan teknik rekrutmen pegawai baru?

Teknik rekrutmen baik disektor publik maupun swasta, dapat dilakukan melalui cara disentralisasikan atau didesentralisasikan, tergantung kepada keaadan (besarnya) organisasi, kebutuhan dan jumlah calon pekerja yang hendak direkrut. Perusahaan kami memakai cara disentralisasikan, yang dimaksud disentralisasikan adalah instansi yang mengelola sumber daya manusia itu bertanggung jawab untuk meminta dari para manager akan perkiraan-perkiraan periodik mengenai jumlah dan tipe pekerja-pekerja baru yang dibutuhkan diwaktu akan datang. Instansi manajemen sumber daya manusia tingkat pusat akan mengeluarkan pengumuman perihal lowongan kerja yang tersedia untuk memenuhi peraturan perundangan Affimartive Action yang menghendaki perwakilan proporsional maka setiap pengumuman pekerjaan harus memasukkan informasi seperti: jenis pekerja, klasifikasi, dan besarnya gaji lokasi tugas (unit geografis dan organisasi) gambaran dari kewajiban-kewajiban kerja.

     3.  Bagaimana Struktur Kepemimpinan KAP Darmawan dan Hendang ini dan struktur tersebut masuk kedalam bentuk apa?


Pimpinan Rekan   : Dra. Tety Helena Tampu Bolon M.B.A., Ph.D.
Rekan I                 : Drs. Rendy Nurirawan, SE, M.Ak
Rekan II                : Drs. Aldi Parluhutan, SE, M.Ak
Manager                : Drs. Sukardi Wijaya, SE, MM
Supervisor             : Zuraida Gurbach, S.Psi, MM
Senior                    : Amelia Gacy, SE, M.Ak, Ak
Junior                     : Johanes Suwandi, SE, M.Ak

Struktur KAP perusahaan kami masuk kedalam bentuk lini karena struktur ini menggambarkan tekanan bahwa wewenang organisasi dipegang langsung oleh Pimpinan Rekan yang diterapkan karyawannya untuk mencapai keberhasilan. Namun demikian Rekan I dan Rekan II masih diberi kesempatan untuk membuat pengambilan keputusan bagi bawahannya seperti Manager, Supervisor, Senior, dan Junior di perusahaan tersebut akan tetapi tetap dalam komando Pimpinan Rekan. Atau, bisa juga didefinisikan sebagai bentuk organisasi yang menghubungkan langsung secara vertical antara atasan dengan bawahan, sejak pemimpn tertinggi sampai dengan jabatan-jabatan yang terendah yang dihubungkan dengan garis wewenang atau komando.


Terima kasih banyak Bapak Wijaya yang sudah menyempatkan diri untuk bersedia di wawancarai oleh kami... 
Iya sama-sama. Sukses untuk kalian semua..(bapak Wijaya)


Kesimpulan

Kesimpulan  yang  kami dapatkan dari kunjungan salah satu perusahaan Akuntan Publik di Jakarta yang bertempat di gedung  Menara Kadin Indonesia, bahwa perusahaan akuntan tersebut memberikan jasa yang terbaik kepada perusahaan-perusahaan lain untuk mengaudit data data pada perusahaan yang sedang di audit dengan tujuan agar perusahaan tersebut memiliki kinerja perusahaan yang akuntabel, jujur, dan bertanggung jawab pada perushaannya. Adapun pemberian jasa yang terbaik itu di imbangi dengan adanya suatu tekhnik rekruitmen pegawai yang terdiri dari tehnik disentralisasi sesuai keadaan.



Ini bukti foto kunjungan kelompok kami ke KAP Darmawan dan Hendang



Tidak ada komentar:

Posting Komentar